KBB Kekurangan Blank hingga Akhir Tahun

- Selasa, 29 November 2016 | 16:22 WIB
Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat belum bisa melakukan pencetakan KTP elektronik hingga akhir tahun ini.
Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat belum bisa melakukan pencetakan KTP elektronik hingga akhir tahun ini.

BANDUNG, AYOBOGOR.COM--Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat belum bisa melakukan pencetakan KTP elektronik hingga akhir tahun ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KBB Wahyu Diguna mengatakan pencetakan KTP elektronik belum bisa dilakukan mengacu pada surat edaran Menteri Dalam Negeri yang berisi pemberitahuan proses lelang pengadaan 8 juta blanko gagal.

"Awalnya dari Kementerian Dalam Negeri menjanjikan blanko akan tersedia akhir November, tapi ternyata lelangnya gagal," tutur Wahyu, Selasa (29/11/2016).

Berdasarkan surat edaran tersebut, pendistribusian blanko baru bisa dilakukan awal 2017 mendatang atau setelah proses lelang selesai.

Dia mengharapkan agar janji Kementerian Dalam Negeri bisa sesuai dengan jadwal, sebab masih banyak warga KBB yang belum mendapat KTP elektronik.

Wahyu mengungkapkan dari 1,148 juta wajib KTP di KBB, 157.500 di antaranya belum mendapatkan KTP elektronik. Sementara sebanyak 124.000 warga belum melakukan perekaman sehingga kebutuhan blanko masih banyak.

Wahyu melanjutkan warga yang membutuhkan KTP akan diberi surat keterangan pengganti KTP elektronik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Surat tersebut akan berlaku sampai enam bulan.

"Datang saja ke kantor kecamatan atau Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa kartu keluarga. Jika belum pernah melakukan perekaman, harus direkam dulu," ujarnya.

Semenjak ketersediaan blanko habis, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KBB telah mengeluarkan lebih dari 10.000 surat keterangan pengganti KTP elektronik. (Mildan)

Editor: Editor

Tags

Terkini

Terpopuler

X