Jelang Idul Adha 2022, Pemkot Bogor Sebut Kambing Belum Jadi Prioritas Vaksinasi PMK

- Jumat, 1 Juli 2022 | 14:00 WIB
Foto ilustrasi warga membawa kambing. Di Bogor, Pemkot setempat belum memprioritaskan pemberian vaksinasi PMK untuk kambing. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Foto ilustrasi warga membawa kambing. Di Bogor, Pemkot setempat belum memprioritaskan pemberian vaksinasi PMK untuk kambing. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BOGOR, AYOBOGOR.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) terus bersiap jelang pelaksanaan Idul Adha 2022 di wilayah tersebut.

Terkini adalah kebijakan belum memprioritaskan pemberian vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk kambing.

Kabid Peternakan DKPP Kota Bogor Anizar menyebutkan sementara waktu ini hewan ternak kambing belum menjadi prioritas vaksinasi karena nampak memiliki kekebalan tubuh lebih tinggi dari sapi dalam menghadapi wabah PMK.

"Sejauh ini hanya sedikit kambing yang terkena PMK, jadi karena vaksin masih terbatas, hanya sapi dan kerbau dulu yang divaksin," katanya.

Melansir Republika.co.id-jaringan Ayobogor.com, Jumat (1/7/2022), Anizar menjelaskan wabah PMK lebih banyak menyerang sapi yang jumlahnya mencapai 70 hingga 100 ekor, yang sebagian mulai pulih.

Baca Juga: Duh, Bertambah Jadi 40 Sapi, Hewan Ternak Terindikasi PMK di Bogor

Sementara pada kambing, menurut laporan terakhir ada 12 kambing yang terinfeksi PMK dan telah dinyatakan sembuh.

Selain itu, ujar dia, keterbatasan stok vaksin dosis pertama merek aftopor yang tersedia di Kementerian Pertanian menjadikan ada skala prioritas yang didahulukan.

Sebelumnya, Kepala DKPP Kota Bogor Anas Rasmana menyampaikan penanganan PMK di Kota Bogor melalui Satgas PMK telah berusaha keras mencegah penyakit itu meluas ke sapi-sapi yang ada di daerahnya menjelang Idul Adha 1443 Hijriah.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X