Menebak Nasib Bogor sebagai Kota Penyangga Jakarta setelah IKN Pindah

- Rabu, 22 Juni 2022 | 09:47 WIB
Desain Ibu Kota Negara (IKN). Nasib Bogor sebagai penyangga Jakarta setelah IKN pindah ke Kalimantan nantinya. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Desain Ibu Kota Negara (IKN). Nasib Bogor sebagai penyangga Jakarta setelah IKN pindah ke Kalimantan nantinya. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

BOGOR, AYOBOGOR.COM- Kota Jakarta akan menjadi pusat ekonomi setelah tak menjadi ibu kota negara (IKN) lantaran pindah ke Kalimantan.

Sejumlah kota penyangga pun seperti Bogor diprediksi bakal mengalami pertumbuhan

Praktisi properti menilai bahwa perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan akan membawa dampak tersendiri untuk wilayah-wilayah penyangga DKI selama ini.

"Rencana DKI menjadi pusat ekonomi dan bisnis setelah IKN pindah, malah mendorong tumbuhnya wilayah-wilayah penyangga," kata Ketua Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Apindo Sanny Iskandar.

Melansir SuaraBogor.id-jaringan Ayobogor.com, Rabu (22/6), Sanny menjelaskan, pengembangan kota-kota penyangga DKI Jakarta akan selaras dengan karakteristik masing-masing wilayah.

“Di Barat Jakarta wilayah Serpong Tangerang sudah lebih dulu menjadi pusat residensial dan mulai berkembang menjadi wilayah perdagangan. Sementara di Timur Jakarta wilayah Kota Bekasi juga bahkan saat ini sudah padat, lebih jauh lagi ke Cikarang sudah menjadi kawasan industri. Nah di Selatan, cocok untuk pengembangan residensial, pariwisata,” jelas Sanny.

Baca Juga: Daftar 8 Ibu Kota Kebudayaan Berdasarkan Hasil Kongres ke-V JKPI, Bogor Jadi Ibu Kota Berkelanjutan

Jika dibandingkan dua wilayah penyangga tersebut, Sanny menambahkan Bogor memang memiliki keunggulan misalnya dari topografi wilayahnya yang berada di pegunungan dan memberikan kesejukan yang menjadi nilai tambah buat kawasan-kawasan hunian yang dibangun di sana.

Keunggulan-keunggulan ini yang bakal mendorong pergeseran pertumbuhan properti residensial mengarah ke Bogor.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X