Duh, Bertambah Jadi 40 Sapi, Hewan Ternak Terindikasi PMK di Bogor

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 16:22 WIB
Vaksin hewan ternak khusus untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah tiba di Indonesia. Vaksin ini didatangkan langsung dari Perancis. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Vaksin hewan ternak khusus untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah tiba di Indonesia. Vaksin ini didatangkan langsung dari Perancis. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

BOGOR, AYOBOGOR.COM- Di Kota Bogor, Jawa Barat, jumlah hewan ternak khususnya sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bertambah.

Penyebaran PMK sapi terjadi di rumah potong hewan atau RPH Bubulak yang semakin meluas dimana semula hanya ada tujuh ekor hewan ternak jenis sapi yang positif PMK, kini sudah ada 40 ekor sapi terjangkit PMK.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) RPH Terpadu DKPP Kota Bogor, Didong Suherbi mengatakan, puluhan sapi yang terindikasi PMK masih dalam pemeriksaan.

"Memang sudah ada 40 ekor, tetapi baru terindikasi karena gejalanya hampir sama seperti PMK. Sudah ditangani dan hasil lab belum ada disebutkan PMK," ujarnya, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: Cegah PMK Masuk Kota Bogor, 5 Titik Ini Jadi Sentra Pemeriksaan Dokumen Hewan Ternak

Melansir SuaraBogor.id-jaringan Ayobogor.com, Sabtu (18/6), Didong mengungkapkan, tujuh sapi yang lebih dulu positif PMK sudah sembuh dan dalam proses pemulihan, lantaran terindikasi gejala yang masih tergolong tidak parah. Demikian pula puluhan sapi lain yang kini bergejala mirip PMK itu tidak parah.

Kata Didong, sapi yang diduga PMK sudah dilakukan pemisahan sejak tujuh temuan pertama yang dinyatakan positif menurut DKPP Kota Bogor, (7/6) lalu.

Selain itu, kemarin atau Kamis (16/6), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, telah membantu melakukan penyemprotan disinfektan.

Beberapa dokter hewan dari Dinkes Kota Bogor pun terus berkeliling memeriksa kesehatan sapi, kambing dan domba yang ada di RPH Bubulak dan tempat lain.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X