Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Puncak Meningkat 70 Persen

- Senin, 9 Mei 2022 | 07:45 WIB
 Ilustrasi hotel. Selama libur Lebaran, okupansi hotel di Puncak meingkat 70 persen (Traveloka)
Ilustrasi hotel. Selama libur Lebaran, okupansi hotel di Puncak meingkat 70 persen (Traveloka)

BOGOR, AYOBOGOR.COM- Hotel menjadi tempat liburan menarik pada musim liburan Idul Fitri dan benar-benar membantu peningkatan perekonomian khususnya setelah pandemi Covid-19.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor bahkan mencatat peningkatan okupansi hotel khususnya di kawasan Puncak selama musim libur Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 rata-rata mencapai 70 persen.

Kenaikan tingkat penghunian kamar itu juga dipicu cuti bersama pegawai pemerintah maupun perusahaan swasta sehingga banyak yang menginap di kawasan wisata alam tersebut.

"Kalau okupansi secara keseluruhan mungkin antara 60 sampai 70 persen. Sekarang kan sudah boleh cuti, boleh mudik. Jadi, mereka sudah bisa reservasi langsung atau online," kata Wakil Ketua PHRI Kabupaten Bogor Boboy Ruswanto.

Baca Juga: Wah, Okupansi Hotel di Kota Bogor Meningkat Capai 68 Persen pada Libur Lebaran

Melansir Republika-jaringan Ayobogor.com, Senin (9/5), Boboy menerangkan, kondisi tersebut sebenarnya di luar prediksi PHRI. Ia menilai, peningkatan okupansi terbantu dengan sistem pemesanan kamar secara daring atau melalui aplikasi.

Pasalnya, sejak musim libur Lebaran sekitar dua tahun lalu, pengunjung jarang memesan kamar hotel melalui aplikasi daring. Ditambah lagi, kebijakan yang diterapkan pemerintah terus berubah-ubah. Hanya, PHRI kali ini tidak menyangka pemesanan hotel melonjak drastis.

Menurutnya, pengunjung hotel tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Meski angka kasus penularan di Kabupaten Bogor sudah landai, aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berlaku secara nasional.

"Kan ada yang sudah booking hotel. Jangan sampai terjadi penumpukan malah membatalkan kunjungan ke hotel, jadi balik arah gara-gara dia lama di bawah," kata Boboy.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X