Jangan Sibuk Beralasan Pandemi, Perusahaan Wajib Beri THR Tepat Waktu  

- Sabtu, 9 April 2022 | 19:33 WIB
Ilustrasi THR. (Pixabay)
Ilustrasi THR. (Pixabay)

 

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Meski masih masa pandemi, perusahaan tetap diwajibkan memberi Tunjangan Hari Raya (THR) tepat waktu. Selain itu perusahan diminta tidak terus menerus berlindung dibalik pandemi. Bagi perusahaan yang mampu membayar THR namun tidak dibayarkan tepat waktu maka pemerintah didesak memberikan sanksi tegas.

Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo, menyarankan sanksi tegas perlu diberikan bagi perusahaan yang mampu membayarkan THR namun tidak membayarkan tepat waktu. Pemerintah menyatakan akan menjatuhkan sanksi bagi perusahaan yang tidak membayarkan tunjangan hari raya (THR) sesuai ketentuan yang berlaku.

"Fungsi kontrol yang paling penting. Ketika ternyata perusahaannya mampu kemudian belum membayar THR ya kita harus ambil tindakan yang jelas, sanksi administrasi maupun sanksi-sanksi yang sesuai aturan perundangan," kata Rahmad melansir  Republika Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: THR PNS Cair Hari Ini Jumat 15 Mei 2020

Ia memahami kondisi saat ini masih dalam proses pemulihan ekonomi. Namun ia meminta perusahaan untuk tidak berlindung dibalik alasan pandemi.

"Jangan berlindung dibalik pandemi, proses pemulihan ekonomi namun kenyataannya usahanya sudah berjalan cukup normal tapi melaporkan satu hal yang tidak membayar THR di tepat waktu," tegasnya.

Menurutnya, butuh fungsi kontrol dan pengawasan di dinas-dinas kerja terkait yang berkoordinasi dengan provinsi sampai kepada pemerintah pusat untuk memberikan peringatan dan sanksi sesuai dengan ketentuan. Politikus PDIP itu mengapresiasi pernyataan tegas Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, yang meminta agar para pengusaha membayarkan THR maksimal tujuh hari sebelum lebaran.

Baca Juga: Cara Pengaduan Pekerja yang Tidak Mendapat THR

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X