Alhamdulillah, Lebaran Tahun Ini Pemerintah Perbolehkan Mudik

- Kamis, 24 Maret 2022 | 16:07 WIB
Presiden Jokowi (ayobogor.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (ayobogor.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA,AYOBOGOR.COM– Setelah dua tahun masyarakat dilarang untuk melaksanakan mudik saat Hari Raya Idul Fitri, Lebaran tahun ini Pemerintah memperbolehkan masyarakat melaksanakan tradisi pulang kampung tersebut. 

Sebagaimana diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya terkait Kebijakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan Panduan Protokol Kesehatan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran dipersilakan. Syaratnya sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat ,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Bogor Kamis 24 Maret 2022: Waspadai Hujan Petir di Siang Hari

Adapun pertimbangan memperbolehkan mudik Lebaran tahun ini, salah satunya karena melihat perkembangan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik.Karena itu, pemerintah memutuskan untuk mengambil beberapa langkah pelonggaran, salah satunya memperbolehkan mudik Lebaran

Selain itu, pelonggaran juga diberikan bagi pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN) yang kini tidak perlu melewati karantina, melainkan hanya melakukan tes usap PCR.

"Pelaku perjalanan dari luar negeri yang tiba melalui bandara di seluruh Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karantina. Namun, pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes usap PCR. Kalau tes PCR-nya negatif, silakan langsung keluar dan bisa beraktivitas. Kalau tes PCR-nya positif akan ditangani oleh Satgas Covid-19," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Dewan Minta Dishub Koordinasi dengan Satpol PP Tindak Truk Langgar Jam Operasional di Kabupaten Bogor

Sedangkan terkait bulan suci Ramadhan, Presiden mengatakan situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Kepala Negara menyampaikan, tahun ini umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: biro pers media informasi presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X