141 Bangunan Liar di Sepanjang DAS Kali Baru Ciliwung Ditertibkan Petugas

- Jumat, 21 Januari 2022 | 12:39 WIB
Petugas gabungan saat melakukan penertiban bangunan liar di sepanjang DAS Kali Baru Ciliwung, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.  (Dok Pemkot Bogor/Yogi Faisal)
Petugas gabungan saat melakukan penertiban bangunan liar di sepanjang DAS Kali Baru Ciliwung, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. (Dok Pemkot Bogor/Yogi Faisal)

AYOBOGOR.COM - Sebanyak 141 bangunan liar yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Kali Baru, Kecamatan Bogor Timur ditertibkan petugas.

Camat Bogor Timur Rena Da Frina mengatakan, ratusan bangunan liar tersebut ditertibkan petugas lantaran melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Rena menjelaskan, sebelum penertiban pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pemilik bangunan liar. Bahkan pihaknya juga sudah memberikan surat teguran 1, 2 hingga 3 untuk melakukan pengosongan dan pembongkaran secara mandiri.

Baca Juga: Sepekan Gelar OPM, Pemkot Bogor Sukses Distribusikan 56 Ribu Liter Minyak Goreng Murah untuk Masyarakat

"Pembongkaran ini kami lakukan sesuai prosedur yang berlaku. Sudah melalui sosialisasi dan pemberian surat teguran kepada pemilik bangunan liar," katanya, Jumat 21 Januari 2022.

Penertiban bangunan dilakukan setelah Pemkot Bogor menerima surat permohonan dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (BPSDA), untuk membantu penertiban. Lantaran kawasan tersebut akan dilakukan pemeliharaan untuk mencegah terjadinya pendangkalan sungai.

Dalam penertiban terhadap bangunan liar itu, lanjut Rena, pihaknya meminta bantuan Satpol PP dan juga aparatur wilayah setempat. Pihaknya mengaku tidak menjanjikan adanya upaya pemindahan atau relokasi, mengingat para pemilik bangunan sudah menyalahi aturan lantaran berada di atas lahan BPSDA.

Baca Juga: Dirugikan Senilai Rp8,6 Triliun, Ratusan Nasabah KSB Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kantor KSB

"Saya tegaskan, kami di pemerintah wilayah tidak menjanjikan apa-apa (relokasi). Kami hanya menertibkan saja untuk mengembalikan fungsi sungai ini," tutupnya. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X