Begini Penjelasan Lengkap Kabag Hukum dan HAM, Soal Aturan Peredaran Minol di Kota Bogor

- Selasa, 11 Januari 2022 | 13:13 WIB
Kepala Bagian Hukum dan HAM pada Sekretariat Daerah Kota Bogor, Alma Wiranta. (ayobogor.com/Yogi Faisal)
Kepala Bagian Hukum dan HAM pada Sekretariat Daerah Kota Bogor, Alma Wiranta. (ayobogor.com/Yogi Faisal)

BOGORTENGAH,AYOBOGOR.COM-- Polemik soal keberadaan kafe Holywings di Kota Bogor membuat persoalan peredaran minuman beralkohol (minol) di Kota Bogor jadi sorotan.

Hal tersebut mencuat, pasca kekhawatiran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor jika kehadiran kafe Holywings di Kota Bogor akan menjual bebas berbagai produk minol layaknya konsep kafe Holywings di daerah lainnya.

Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Alma Wiranta mengatakan, Pemkot Bogor secara tegas melarang peredaran minol golongan B dan minol golongan C. Aturan tersebut berlaku baik pada tempat penjualan maupun penyimpanan. 

Baca Juga: Jadi Tempat Raker IOF, Dewan Ingin Gedung DPRD Terbuka untuk Semua Lapisan Masyarakat

"Minol golongan B itu yang kadar alkoholnya di atas 5 persen hingga 20 persen. Dan minol golongan C adalah minol yang golongan alkoholnya 20 hingga 50 persen," katanya, kepada ayobogor.com Selasa 11 Januari 2022.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Bogor tidak pernah dan tidak akan pernah mengeluarkan izin bagi cafe yang akan menjual minol dengan kadar di atas 5 persen. 

“Kalau di bawah 5 persen itu adalah kewenangan pemerintah pusat, tapi di atas 5 persen ada otoritas kami di sini sebagai pemerintah daerah,” ungkapnya.

Baca Juga: Asyik Mancing di Tengah Sungai, Seorang Pemuda Hilang Terseret Air Bah

Pelarangan minol golongan B dan C merujuk pada Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 48 Tahun 2019, tentang Petunjuk Teknis Penertiban Minuman Beralkohol di Kota Bogor.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X