Dapat Hibah Aset Lahan BLBI Pemkot Bogor Siap Pindahkan 18 Kantor Dinas, Ini Daftarnya

- Jumat, 7 Januari 2022 | 15:33 WIB
Lokasi lahan yang akan menjadi calon pusat kota baru Kota Bogor di masa mendatang.  (ayobogor.com/Yogi Faisal)
Lokasi lahan yang akan menjadi calon pusat kota baru Kota Bogor di masa mendatang. (ayobogor.com/Yogi Faisal)

BOGORTENGAH,AYOBOGOR.COM-- Pasca mendapatkan hibah aset lahan eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) seluas 10,2 hektar. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana bakal segera menggunakan lahan tersebut untuk sejumlah keperluan pembangunan. Salah satunya pemindahan pusat pemerintahan Kota Bogor.

Hibah aset untuk Pemkot Bogor tersebut berada di tiga lokasi berbeda. Dengan rincian 6 hektar di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur 3,2 hektar di Kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR) Bogor Selatan dan 1 hektar lainnya di kawasan Regional Ring Road (R3) Kecamatan Bogor Timur.

Untuk hibah lahan seluas 6 hektar di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur rencana akan digunakan Pemkot Bogor sebagai calon pusat pemerintahan baru Kota Bogor di masa mendatang.

 Baca Juga: Dipakai Berjualan Puluhan PKL, Satpol PP Kota Bogor Segel Gedung Presiden Teater

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudy Mashudi menjelaskan, jika tidak ada perubahan rencananya akan ada 18 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan dipindahkan ke Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

"Ada sekitar 18 OPD atau dinas, yang nantinya akan dipindahkan ke pusat pemerintahan baru di atas hibah aset lahan dari BLBI di Kecamatan Bogor Timur," katanya, Jumat 7 Januari 2022.

18 OPD atau dinas tersebut yakni, Sekretariat Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi).

Baca Juga: Soal Vaksinasi Booster Covid-19, Wawali Bogor: Kita Tunggu dari Pemerintah Pusat

Kemudian, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Arsip dan Perpustakaan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X