DED Mulai Digarap, Proses Pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Bogor Diprediksi Memakan Waktu Empat Tahun

- Jumat, 7 Januari 2022 | 15:16 WIB
Lokasi lahan yang akan menjadi calon pusat kota baru Kota Bogor di masa mendatang. (ayobogor.id/Yogi Faisal)
Lokasi lahan yang akan menjadi calon pusat kota baru Kota Bogor di masa mendatang. (ayobogor.id/Yogi Faisal)

BOGORTENGAH,AYOBOGOR.COM-- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana bakal sesegera mungkin membuat Detail Engineering Desain (DED), untuk calon pusat pemerintahan baru Kota Bogor di atas lahan hibah aset eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Rencananya DED pusat pemerintahan baru Kota Bogor itu bakal mulai dikerjakan pada 2022 ini, di atas hibah aset lahan BLBI seluas 6 hektar di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, proses pemindahan pusat pemerintahan baru Kota Bogor tersebut diperkirakan akan membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat tahun ke depan. Di mana pada 2022 ini rencananya Pemkot Bogor bakal mulai menggarap DED.

Baca Juga: Dipakai Berjualan Puluhan PKL, Satpol PP Kota Bogor Segel Gedung Presiden Teater

"Tahun ini akan dibuat dulu desainnya. Setelah itu kami rencanakan untuk melakukan cut and field atau perataan dan pemadatan lahan. Semoga di 2022 ini anggarannya bisa masuk di anggaran perubahan nanti," katanya, beberapa waktu lalu.

Dedie menegaskan, meski pusat pemerintahan Kota Bogor bakal dipindah ke Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Balai Kota Bogor akan tetap berada di Jalan Ir. Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor

Pemindahan pusat pemerintahan hanya dilakukan pada kantor-kantor dinas yang saat ini dinilainya kurang representatif untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Soal Vaksinasi Booster Covid-19, Wawali Bogor: Kita Tunggu dari Pemerintah Pusat

Dedie berharap, dengan pembangunan pusat pemerintahan baru ini Kota Bogor memiliki sentra layanan publik yang representatif dengan kantor yang memadai. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X