9.000 Tiket Calon Penumpang Kereta Dibatalkan PT KAI Selama Nataru, Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api

- Rabu, 5 Januari 2022 | 14:40 WIB
Kondisi penumpang di salah satu gerbong rangkaian kereta.  (ayobogor.com/Yogi Faisal)
Kondisi penumpang di salah satu gerbong rangkaian kereta. (ayobogor.com/Yogi Faisal)

BOGORTENGAH,AYOBOGOR.COM-- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, membatalkan sebanyak 9.000 tiket perjalanan kereta api calon penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) kemarin.

Pembatalan sebanyak 9.000 tiket keberangkatan tersebut dilakukan lantaran para penumpang tidak memenuhi aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 112 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 selama Periode Nataru

Diantaranya,  tidak memiliki bukti vaksin lengkap (dosis 1 dan 2) untuk usia di atas 17 tahun, atau dosis pertama untuk usia 12 sampai dengan 17 tahun.

Baca Juga: Hasilkan Tiga Perda, Ini Rincian Kinerja DPRD Kota Bogor Sepanjang Tahun 2021

"Atau ada juga yang tidak memiliki berkas hasil negatif RT- PCR bagi anak di bawah 12 tahun atau berkas pemeriksaan antigen negatif untuk usia 12 tahun keatas," ujar Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Rabu 5 Januari 2021.

Karena tidak memiliki syarat lengkap, maka otomatis penumpang yang bersangkutan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan untuk tiket yang terlanjur dibeli dikembalikan dananya 100 persen maksimal tiga hari dari tanggal keberangkatan. 

"Proses pengembalian bea tiket dapat dilakukan melalui loket Stasiun dengan pengembalian tunai di hari yang sama atau melalui Contact Center (CC) 121 dengan proses 14 hari kerja menggunakan sistem transfer Bank," ujarnya.

Baca Juga: Begini Kata Pemdes Pondok Udik, Soal Keberadaan Kuburan Pesawat di Wilayahnya

Adapun dari sebanyak 9.000 tiket milik calon penumpang yang dibatalkan, terdiri dari 5.000 tiket dibatalkan di Stasiun Pasarsenen, di Stasiun Gambir 2.000 dan sekitar 2.000 pemberangkatan dari Stasiun Bekasi, Karawang dan Stasiun Cikampek. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kata Mereka Tentang Yamaha Fazzio Hybrid – Connected

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:22 WIB
X