Dipertanyakan Dewan, Anggaran RTLH Kota Bogor Batal Dipotong

- Jumat, 26 November 2021 | 12:38 WIB
Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih (Ayobogor.com/Yogi Faisal)
Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih (Ayobogor.com/Yogi Faisal)

BOGORTENGAH,AYOBOGOR.COM - Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih akhirnya buka suara terkait pengurangan anggaran bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2022 yang sempat dipertanyakan DPRD setempat.

Wanita yang akrab disapa Esti itu menjelaskan, semula pihaknya menganggarkan bantuan RTLH senilai Rp45 miliar lebih untuk membantu 4.280 unit RTLH di Kota Bogor pada anggaran 2022 nanti.

Namun, karena RAPBD Kota Bogor Tahun 2022 masih mengalami defisit, akhirnya besaran anggaran tersebut pun dikurangi menjadi Rp35 miliar untuk menutup defisit anggaran.

Baca Juga: Kolaborasi bank bjb dengan PT ASPM untuk mengembangkan potensi bisnis bagi nasabah

"Awalnya kami di dinas menganggarkan RTLH untuk 2022 itu sebesar Rp45 miliar lebih, untuk 4280 RTLH. Tapi dikurangi Rp10 miliar menjadi 3.300 unit saja karena RAPBD Kota Bogor defisit," katanya, Jumat, 26 November 2021.

Karena itu, ia juga memaklumi jika pemangkasan anggaran tersebut menjadi sorotan DPRD Kota Bogor. Mengingat bantuan RTLH merupakan salah satu program prioritas Pemkot Bogor.

Apalagi di era periode kedua Bima Arya Sugiarto menjabat sebagai Wali Kota Bogor, Pemkot Bogor berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada 20 ribu RTLH.

Baca Juga: Akselerasi Digital, bank bjb syariah Kolaborasi dengan Grab Indonesia

"Memang RTLH ini program prioritas Pemkot Bogor. Makannya mungkin pengurangan anggaran RTLH ini menjadi sorotan. Karena Pemkot Bogor menargetkan harus membantu 20 ribu RTLH. Dan sekarang baru mencapai sekitar 17 ribu RTLH," ujarnya.

Meski begitu, kabar terakhir yang diterimanya anggaran bantuan RTLH Kota Bogor untuk tahun anggaran 2022 batal dikurangi.

"Kabar terakhir yang saya dapat, anggaran RTLH tidak jadi dikurangi. Tetap Rp45 miliar untuk 4280 unit RTLH," kata Esti.

Baca Juga: Mengenal Jaksa Agung Pertama Indonesia, yang Makamnya Dipindahkan ke Taman makam Pusara Adhyaksa

Diketahui, tahun ini Pemkot Bogor menargetkan membantu 6.506 unit RTLH. Di mana dari jumlah tersebut sebanyak 5.780 RTLH diantaranya telah selesai diberikan bantuan. Sementara sisanya masih dalam tahap administrasi.

"Ada 327 unit RTLH yang masih dalam bentuk proposal pengajuan, 139 unit sedang dalam proses di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), dan 399 unit RTLH gagal pencairan karena sudah menerima bantuan dari sumber dana lainnya," ucap Esti.***

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rendah, Serapan Anggaran Pemkot Bogor Baru 63 Persen

Jumat, 26 November 2021 | 16:43 WIB
X