Mengenal Jaksa Agung Pertama Indonesia, yang Makamnya Dipindahkan ke Taman makam Pusara Adhyaksa

- Kamis, 25 November 2021 | 17:56 WIB
Prosesi pemindahan makam Mr. R. Gatot Taroenamihardja dari TPU Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan ke Taman Makam Pusara Adhyaksa Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor.  (Dok Pemkab Bogor)
Prosesi pemindahan makam Mr. R. Gatot Taroenamihardja dari TPU Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan ke Taman Makam Pusara Adhyaksa Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor. (Dok Pemkab Bogor)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM - Bupati Bogor, Ade Yasin bersama Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi ikuti upacara dan prosesi pemindahan makam Jaksa Agung Pertama Indonesia, Mr. R. Gatot Taroenamihardja dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan ke Taman Makam Pusara Adhyaksa Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis, 25 November 2021.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, sangat mendukung kegiatan prosesi pemindahan makam Jaksa Agung Pertama Indonesia Mr. R. Gatot Taroenamihardja, ke Taman Makam Pusara Adhyaksa Pondok Rajeg Cibinong. Mengingat almarhum merupakan salah satu tokoh nasional.

"Tentunya kami selaku pemerintah daerah sangat menyambut baik prosesi pemindaian ini. Mengingat almarhum merupakan salah satu tokoh penting di negara kita," katanya.

Baca Juga: Bakal Dipakai untuk Rusun Anggota Polri, Puluhan Warga di Cibalagung Bakal Digusur

Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi mengatakan, pemindahan itu dilakukan berdasarkan pertimbangan pada 2019 lalu. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum mengingat mendiang merupakan salah satu tokoh penting nasional di eranya.

"Kalau di sini kan lebih terawat dan lebih dapat perhatian lebih. Apalagi Taman Makam Pusara Adhyaksa Pondok Rajeg ini memang dikhususkan untuk para tokoh penting," ujarnya.

Prosesi pemindahan makam itu juga dilakukan berdasarkan persetujuan dari pihak keluarga. "Pemindahan itu juga sudah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga, agar dipindahkan ke sini," ungkapnya.

Baca Juga: Kebijakan Penghapusan Denda Pajak, Realisasi PBB Kota Bogor Justru Lampaui Target

Mendiang Mr. R. Gatot Taroenamihardja merupakan Jaksa Agung RI pertama yang mengemban tugas sebagai Jaksa Agung sebanyak dua kali. Yaitu, pada 1 Oktober 1945 hingga 24 Oktober 1945 dan pada tanggal 1 April 1959 - 22 September 1959.

Meskipun masa tugas beliau sebagai Jaksa Agung relatif singkat, namun beliau bertekad untuk membersihkan negara ini dari korupsi. Semasa hidupnya beliau dikenal sebagai figur yang berani, tegas, berwibawa, dan gigih dalam mempertahankan serta menjunjung tinggi hukum di Indonesia.

Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi mengatakan, mendiang Mr. R. Gatot Taroenamihardja adalah sosok yang berdedikasi tinggi dari sisi integritas dan ini sebagai panutan para adhyaksa-adhyaksa muda ke depan.

Baca Juga: Banyak Anggaran Program Prioritas Dipangkas, DPRD Tagih Penjelasan Pemkot Bogor

"Bahkan beliau tidak segan mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan integritas, dedikasi dan pendiriannya dalam menjunjung tinggi supremasi hukum, hal itu terlihat dalam penanganan perkara,” bebernya.

Menurutnya, sebagai penghormatan kepada Jaksa Agung Pertama Mr. R. Gatot Taroenamihardja, ke depan ia akan berencana mengusulkan namanyakepada pemerintah untuk dijadikan nama jalan.

“Nanti kami lihat ke depannya, karena kalau untuk Jaksa Agung Suprapto itu sudah ada nama jalannya. Ke depan nanti kami akan usulkan ke pemerintah agar Mr. R. Gatot Taroenamihardja dijadikan nama jalan," ujarnya.***

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Makan Bumi Aki Turun Harga selama Pandemi

Minggu, 2 Agustus 2020 | 15:17 WIB

Menengok Pameran Perupa Perempuan Bogor I'm in Love

Minggu, 22 Desember 2019 | 16:31 WIB

Pemain Terbaik Liga 2 Jadi Rekrutan Anyar Bogor FC

Rabu, 13 Februari 2019 | 18:33 WIB

Bogor Street Fest CGM 2019 Digelar Malam Hari

Senin, 21 Januari 2019 | 18:57 WIB

PS Tira Kembali Bermarkas di Bogor

Jumat, 14 Desember 2018 | 20:23 WIB

Besok Ada Festival Desa Wisata di Puncak Bogor

Jumat, 14 Desember 2018 | 20:17 WIB

Revitalisasi Masjid Agung Capai 75%

Kamis, 8 November 2018 | 17:31 WIB

Ratusan Orang Ikuti MTQ Tingkat Kota Bogor

Selasa, 16 Oktober 2018 | 19:17 WIB

Tiga Agenda Program Penataan Sungai Ciliwung

Sabtu, 29 September 2018 | 18:03 WIB
X