Geliatkan Sektor Pertanian, Pemkab Bogor Luncurkan Gerakan Tanam Padi 7000 Hektare Lahan

- Rabu, 24 November 2021 | 17:25 WIB
Forkompimda Kabupaten Bogor saat melakukan penanaman padi di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. (Dok. Pemkab Bogor)
Forkompimda Kabupaten Bogor saat melakukan penanaman padi di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. (Dok. Pemkab Bogor)

TANJUNGSARI,AYOBOGOR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan mulai melakukan gerakan tanam padi di atas lahan 7.000 hektar yang tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Siti Nurianty mengatakan, gerakan tanam padi itu akan dilakukan di sepanjang November hingga Desember nanti. Mengingat momen tersebut bertepatan dengan bulan puncak penanaman padi di Kabupaten Bogor.

"Sebenarnya puncak penanaman padi sudah kami lakukan sejak Oktober sampai Maret kemarin. Tapi untuk di wilayah sini, baru dilakukan pada November hingga Desember nanti," katanya, Rabu, 24 November 2021.

Baca Juga: Diduga Bunuh Diri, Pria di Bogor Tewas Setelah Melemparkan Diri ke Kereta yang Tengah Melintas

Rencananya penanaman padi di atas lahan seluas 7000 hektar itu akan disebar di tiga kecamatan berbeda. Yakni Kecamatan Cariu, Kecamatan Jonggol dan Kecamatan Tanjungsari.

Nurianty menjelaskan, gerakan penanaman padi itu juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, meningkatkan pendapatan petani, adopsi praktek pertanian unggul, adopsi penggunaan pupuk komersial dan penanganan hama.

Pada kesempatan itu, Pemkab Bogor juga memberikan bantuan secara simbolis berupa benih padi. Tercatat sepanjang 2021, Pemkab Bogor sudah memberikan bantuan berupa benih padi sebanyak 370 ton baik melalui APBD maupun APBN.

Baca Juga: Jaga Stabilitas Jaringan, XL Axiata Kembangkan Teknologi Smart Massive MIMO di Sirkuit Mandalika

"Alat mesin pertanian berupa huller tujuh unit, polisher padi empat unit, dan bantuan alat roda tiga sebanyak 320 unit, serta terasuransinya 20 ribu lahan usaha tani padi untuk 1.177 kelompok tani," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, gerakan tanam padi tersebut merupakan salah satu bagian dari program makmur. Di mana tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan produktivitas petani di Kabupaten Bogor.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan tersebut setidaknya bisa memberikan dampak positif dalam mendongkrak perekonomian petani. "Semoga dengan adanya program ini, bisa menggeliatkan kembali sektor pertanian Kabupaten Bogor," ujarnya

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rendah, Serapan Anggaran Pemkot Bogor Baru 63 Persen

Jumat, 26 November 2021 | 16:43 WIB
X