Pemkot Getol Percantik Pusat Kota, Legislator: Warga di Perbatasan Kota Bogor Minim Perhatian

- Senin, 22 November 2021 | 18:53 WIB
Sejumlah pekerja saat melakukan pembangunan Alun-alun Kota Bogor, di atas lahan eks Taman Topi Kota Bogor. (Yogi Faisal)
Sejumlah pekerja saat melakukan pembangunan Alun-alun Kota Bogor, di atas lahan eks Taman Topi Kota Bogor. (Yogi Faisal)

BOGORTENGAH, AYOBOGOR.COM - Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang kini tengah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali mendapatkan sorotan.

Sebelumnya sejumlah pembangunan tersebut mendapatkan sorotan lantaran dikerjakan di pertengahan hingga akhir tahun. Kali ini sorotan kembali muncul lantaran sejumlah proyek pembangunan infrastruktur itu hanya dilakukan di pusat kota semata.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri (ASB) menilai, saat ini fokus pembangunan infrastruktur di Kota Bogor hanya terpusat di kota saja. Padahal, di pelosok Kota Bogor masih banyak wilayah yang belum terjamah oleh pembangunan infrastruktur yang memadai bagi masyarakat.

Baca Juga: Begini Kronologi Pembacokan Supir Taksi dan Pedagang Bensin Eceran di Bogor Akhir Pekan Lalu

Ia mencontohkan Kampung Rambay dan Kampung Tarikolot di Kelurahan Ciluwer. Dimana sarana infrastruktur bagi masyarakat belum semuanya terpenuhi. Bahkan sarana moda transportasi publik pun belum ada yang mengaspal di daerah tersebut.

"Pembangunan yang ada terlalu fokus di pusat kota, sementara warga yang tinggal di batas Kota Bogor belum merasakan pembangunan infrastruktur. Bukan kah mereka juga warga Kota Bogor," katanya, Senin 22 November 2021.

ASB menilai, seharusnya fokus pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemkot Bogor memiliki keberpihakan kepada masyarakat. Serta memberikan manfaat yang besar bagi warga.

Baca Juga: Polresta Bogor Bekuk 4 Remaja Pelaku Teror yang Bacok Supir Taksi dan Pedagang Bensin Eceran

"Penanganan banjir yang terjadi di Kelurahan Tanahbaru, Kelurahan Cibuluh, Kampung Bebek di Kelurahan Kedunghalang misalnya. Seharusnya itu yang menjadi fokus pemerintah. Bukan justru membangun infrastruktur di pusat kota," ketusnya.

Pihaknya juga mempertanyakan, apakah anggaran puluhan miliar yang digunakan Pemkot Bogor untuk melakukan pembangunan infrastruktur memberikan manfaat yang besar bagi kelangsungan masyarakat Kota Bogor atau justru sebaliknya.

"Di sini kami pertanyaan apakah puluhan miliar pembangunan itu berdampak besar bagi masyarakat? Paling hanya dirasakan oleh sebagian besar masyarakat saja. Apalagi saat ini pembangunan yang ada tergolong tersentral di pusat kota saja. Sementara wilayah pinggiran kurang diperhatikan," ujarnya.

Baca Juga: Buntut 24 Siswa dan Guru SDN Sukadamai 2 Positif Covid-19, Pemkot Bogor Tracing 200 Lebih Kontak Erat

Sekedar diketahui, berikut ini ayobogor.com telah merangkum sejumlah daftar pekerjaan infrastruktur, yang dilakukan Pemkot Bogor yang berada di pusat Kota Bogor:

Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor
Rp31 miliar

Pembangunan Alun-alun Kota Bogor
Rp13,6 miliar

Pembangunan Pedestarian di Jalan Ir Juanda
Rp5,4

Pembangunan Gedung Perpustakaan
Rp13,6 miliar

Pembangunan Pedestarian Jalan Jendral Sudirman
Rp5 miliar

Itu tadi pekerjaan infrastruktur, yang dilakukan Pemkot Bogor yang berada di pusat Kota Bogor.***

 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rendah, Serapan Anggaran Pemkot Bogor Baru 63 Persen

Jumat, 26 November 2021 | 16:43 WIB
X