Pipa Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Kembali Bocor, Lokasinya di Jalur Pembangunan Double Track Bogor-Sukabumi

- Senin, 4 Oktober 2021 | 16:04 WIB
Pipa Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Kembali Bocor, Lokasinya di Jalur Pembangunan Double Track Bogor-Sukabumi (dok. PDAM Tirta Pakuan)
Pipa Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Kembali Bocor, Lokasinya di Jalur Pembangunan Double Track Bogor-Sukabumi (dok. PDAM Tirta Pakuan)

BOGOR SELATAN, AYOBOGOR - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor saat ini tengah melakukan perbaikan terhadap pipa tranmisi air baku 1.000 milimeter jalur Intake Ciherang Pondok - IPA Dekeng yang mengalami kebocoran pada Kamis 30 September 2021 kemarin.
 
Meski belum ada kepastian soal penyebab utama kebocoran pipa transmisi air baku tersebut, namun dugaan sementara kebocoran itu terjadi akibat adanya pembangunan double track Bogor - Sukabumi yang tengah dilakukan PT Adhi Karya di Gunung Gadung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.
 
Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan mengatakan, saat ini sebanyak 15 orang petugas tengah dikerahkan pihaknya untuk melakukan perbaikan kebocoran itu.
 
"Karena lokasi kebocoran itu tidak bisa dilalui oleh alat berat maka dari itu perbaikan kami lakukan dengan mengerahkan 15 orang petugas," katanya, Senin 4 Oktober 2021.
 
Belajar dari kebocoran pada Juli 2021 lalu, Perumda Tirta Pakuan ingin menekan seminimal mungkin dampak perbaikan, agar tak mempengaruhi pelayanan air kepada pelanggan.
 
Pihaknya menargetkan proses perbaikan ini akan selesai dalam kurun waktu 12 jam ke depan. Hingga kini, Rino terus berkoordinasi dengan kontraktor proyek double track, untuk membahas kebocoran pipa tersebut, serta merancang bagaimana agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.
 
"Memang kondisinya pipa selaku menjadi korban, karena pipa tidak terlihat dipermukaan. Jangankan di double track, banyak yang bocor karena proyek infrastuktur di wilayah Kota Bogor," keluhnya.
 
Sementara itu, Direktur Teknik (Dirtek) Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf mengatakan, meski proses perbaikan dilakukan secepat mungkin, namun dampak perbaikan pipa bocor tersebut akan menyebabkan dua hingga tiga jam air tak mengalir.
 
Sebagai antisipasi, Ardani mengaku menyiapkan 14 mobil tangki untuk melayani pelanggan terdampak. "Ada beberapa pengisian tangki yang telah disiapkan yaitu Perumahan Bogor Lakeside, Jalan Pandu dan Siliwangi," paparnya.
 
Ditempat yang sama, Direktur Umum (Dirum) Tirta Pakuan, Rivelino Rizky mengaku telah menyiapkan empat mobil tangki dan tiga mobil besar, dan satu mobil berukuran kecil untuk menyuplai air kepada pelanggan terdampak.
 
"Kita juga meminta bantuan ke PDAM Kabupaten Bogor, dan Depok. Saya juga sudah berkoordinasi dengan camat lurah agar ikut menyampaikan ke warga, karena akan ada perbaikan," tukasnya.
 
Sekedar diketahui, proses perbaikan pipa tranmisi air baku 1.000 milimeter jalur Intake Ciherang Pondok - IPA Dekeng itu berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.
 
Atas kejadian tersebut, setidaknya zona 3 dan zona 4 pelayanan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor akan mengalami gangguan. Berikut rinciannya: 
 
Zona 3
Batutulis dsk, Lawanggintung, Layungsari, Empang, Bondongan, sebagian Cikaret, sebagian Mulyaharja Sukasari dsk, Babakan Pasar, Gudang, sebagian Baranangsiang, sebagian Tegallega, Paledang, Pabaton, Kebon Kalapa, Panaragan, Menteng, Cendek Timur, Pasir Kuda, Pasir Mulya, Pasir Jaya, Gn Batu, Loji, Sindangbarang, Bubulak, Situ Gede, Balumbang Jaya, Margajaya. 
 
Zona 4
Sebagian Bantarjati, sebagian Tegallega, Tegalgundil, Babakan, Sempur, Pabaton, Cibogor, Ciwaringin, Tanah Sareal, Kebon Pedes, Sukadamai, Cilendek Barat, Cilendek Timur, sebagian Cibuluh, Sukaresmi, Sebagian Kedunghalang, Kedung Badak, sebagian Cimahpar, sebagian Tanah Baru, Curug, Curug Mekar, Cibadak, Kayu Manis, Kencana

Editor: Husnul Khatimah

Terkini

bank bjb Terus Bergerak Positif Hingga Triwulan 3 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:29 WIB

Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:54 WIB

Ratusan Peserta Meriahkan Pasundan Ride bank bjb 2021

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:37 WIB

bank bjb Sabet Tiga Penghargaan TOP GRC Award 2021

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:24 WIB

Terpopuler

X