Digitalisasi Aset Daerah Ditargetkan Selesai 2022 Mendatang

- Kamis, 2 September 2021 | 10:08 WIB
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Bogor Denny Mulyadi  (Yogi Faisal)
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Bogor Denny Mulyadi (Yogi Faisal)

TANAHSAREAL, AYOBOGOR - Pemerintah Kota (Bogor) mulai melakukan digitalisasi aset daerah untuk memudahkan dalam melakukan inventarisir barang-barang milik Pemkot Bogor.
 
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Bogor Denny Mulyadi mengatakan, saat ini digitalisasi aset sudah mulai berjalan dan ditargetkan selesai pada 2022 mendatang.
 
Aset daerah baik berupa kendaraan maupun perlengkapan kantor tentunya harus dijaga dengan baik. Mengingat pembeliannya dilakukan menggunakan uang rakyat.
 
"Namanya aset daerah tentunya harus dijaga. Apalagi itu kan uang negara dan uang rakyat jadi harus benar-benar didata. Makannya kami mulai jajaki pendataan aset daerah berbasis digital untuk lebih memudahkan," katanya, Kamis 2 September 2021.
 
Meski belum semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Bogor menerapkan konsep digitalisasi aset, namun secara perlahan sejumlah OPD tersebut mulai melakukan pendataan.
 
"Memang belum semua dinas menerapkan, tapi yang jelas para dinas sudah mulai melakukan pendataan aset daerah secara perlahan-lahan. Seperti meja, bangku, lemari, komputer dan perlengkapan lainnya," ujarnya.
 
Menurutnya permasalahan aset tidak hanya menjadi tanggungjawab dari BKAD semata. Namun tanggungjawab seluruh OPD yanga da di lingkungan pemerintah Kota Bogor.
 
Sebab hanya kantor-kantor pemerintahan masing-masing yang lebih faham dan hafal asetnya sendiri. Dari mulai perlengkapannya kantor hingga kendaraan dinas.
 
"Makannya kami minta kepada dinas, kantor kelurahan, kantor kecamatan dan instansi pemerintah lainnya di Kota Bogor agar mulai melakukan digitalisasi aset di kantornya masing-masing," pintanya

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Terpopuler

X