Pekan ini Pemkab Bogor Bakal Terapkan Ganjil-Genap di Kawasan Puncak

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:46 WIB
Forkopimda Kabupaten Bogor saat menggelar rapat pembahasan penerapan ujicoba ganjil genap di kawasan Puncak Kabupaten Bogor (Pemkab Bogor)
Forkopimda Kabupaten Bogor saat menggelar rapat pembahasan penerapan ujicoba ganjil genap di kawasan Puncak Kabupaten Bogor (Pemkab Bogor)

CIBINONG, AYOBOGOR - Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor memantapkan diri untuk mulai melaksanakan ujicoba penerapan ganjil-genap di wilayah Puncak Kabupaten Bogor.

Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Ade Yasin mengatakan kebijakan tersebut diambil demi menekan arus lalulintas wisatawan ke kawasan Puncak Kabupaten Bogor.

Ade Yasin menjelaskan uji coba penerapan ganjil-genap dilakukan lantaran kabar soal kepadatan arus lalulintas dan macetnya kawasan Puncak Kabupaten Bogor sudah sampai ke pemerintah pusat. Sehingga pemerintah pusat meminta agar pemerintah daerah mengambil langkah cepat untuk menekan mobilitas masyarakat.

"Karena kemaren sempat ramai Puncak Kabupaten Bogor ramai, jadi kami pemerintah daerah diminta untuk mengambil langkah cepat untuk menekan mobilitas masyarakat yang datang ke kawasan Puncak Kabupaten Bogor," katanya, Selasa 31 Agustus 2021.

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, rata-rata mereka yang datang ke Puncak Kabupaten Bogor hanya untuk sekedar mencari udara segar dan melihat pemandangan.

Pasalnya, hingga saat ini Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor masih belum memperbolehkan tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Bogor untuk beroperasi.

"Kita semua sudah menyadari pola pikir masyarakat. Mereka beranggapan ketika ada pelonggaran biasanya masyarakat menganggapnya apapun sudah diperbolehkan, sehingga akhirnya masyarakat ramai-ramai mengunjungi kawasan Puncak. Padahal wisata di Puncak Kabupaten Bogor masih tutup. Ini tentunya yang harus sama-sama kita luruskan ke masyarakat," ujarnya.

Rencananya, uji coba penerapan ganjil-genap akan dilakukan pada akhir pekan ini. Tepatnya pada Jumat, Sabtu dan Minggu pekan ini. Jika penerapan ganjil-genap efektif menekan mobilitas masyarakat, bukan tidak mungkin ganjil-genap akan terus diterapkan Pemkab Bogor hingga waktu yang tidak ditentukan.

"Uji coba ganjil-genap ini rencananya akan dilakukan selama dua pekan, yakni setiap weekend atau hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Kalau memang hasilnya bagus dan efektif, tentunya akan kami buat payung hukumnya,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Eksekusi Rumah Yatim Piatu di Bogor Berujung Ricuh

Selasa, 30 November 2021 | 20:01 WIB

Rendah, Serapan Anggaran Pemkot Bogor Baru 63 Persen

Jumat, 26 November 2021 | 16:43 WIB
X